Memuat berita yang memihak kepada ISLAM

Oktober 1, 2008

Pakar Ekonomi: Ekonomi AS Akan Tetap Krisis Selama Bertahun-tahun

Filed under: Berita Islam, Seputar pemikiran islam — Tag:, , , , — iaaj @ 1:28 am

sumber hidayatullah.com
Meski telah disetujui talangan, para pakar ekonomi AS menilai, ekonomi AS akab mengalami krisis selama bertahun-tahun

Walau Kongres dan Senat AS meluluskan usulan talangan 700 miliar dolar untuk program penyelamatan sistem keuangan AS, para pakar ekonomi menilai, Ahad (28/9), talangan tersebut tidak akan dengan segera menyelamatkan ekonomi AS yang mengalami krisis.

“Perlu bertahun-tahun lagi agar sistem keuangan AS bisa pulih kembali walau Kongres maupun Senat meluluskan usulan Bush tersebut,” kata Bert Ely, konsultan perbankan yang telah mempelajari dengan serius langkah talangan pemerintah AS pada 1989.

Menurutnya sulit untuk talangan 700 miliar dolar AS ini akan secara dramatis mendongkrak kinerja sistem keuangan AS, terutama sekali karena talangan ini melibatkan aset-aset yang rumit dan terjadi di saat perekonomian AS telah berada di ambang resesi.

“Talangan ini butuh waktu bertahun-tahun untuk bisa berkerja dan benar-benar kompleks,” tegas Ely.

Ia mencontohkan, pada Agustus 1989 pemerintah AS melakukan talangan terhadap industri tabungan dan pinjaman. Pasar saham jatuh hingga 12 persen dalam 14 bulan sejak rancangan penyelamatan itu diluncurkan dan perekonomian AS tetap mengalami resesi selama delapan bulan berikutnya yang dimulai pada Juli 1990. Harga rumah yang mulai naik terus anjlok untuk tiga tahun ke depannya.

Berdasarkan usulan talangan kali ini, Bush menginginkan pemerintah diberi wewenang untuk meminjam hingga 700 miliar dolar untuk membeli aset-aset buruk yang ‘meracuni’ bank.

Sebagian besar aset ini terkait dengan hipotik yang diberikan kepada peminjam yang baik tak mampu membayar atau karena utang mereka jauh lebih tinggi dibanding harga rumah. Sulit untuk secara pasti berapa nilai aset-aset seperti ini.

“Bahkan jika pemerintah ‘bersih-bersih’ atas persoalan yang ditinggalkan para pengkredit rumah atau investor, persoalan-persoalan lain akan tetap bermunculan,” tegas Ely.

Persoalan yang akan muncul bisa berupa peningkatan angka pengangguran karena perusahaan-perusahaan masih menghadapi penurunan penjualan dan terbatasnya akses untuk kredit. Hal ini bahkan bisa memicu kegagalan lebih lanjut perbankan karena telah kehabisan cash akibat kredit macet.

Pesimisme senada juga dilontarkan Sung Won Sohn, profesor ekonomi pada Universitas California, yang menilai harapan pemerintah bahwa talangan 700 miliar itu bisa membuka kembali pipa kredit terlalu berlebihan.

“Jika saya bank ukuran menengah, hanya karena pemerintah membawa paket talangan ke Wall Street, itu tak berarti dengan serta merta saya akan mengubah pikiran saya untuk mulai memberikan pinjaman kembali,” katanya.

Banyak bank-bank AS mengerem kredit mereka karena mereka telah mengalami kerugian dan tak akan mengambil resiko untuk tenggelam dalam kredit macet hanya karena program talangan Bush tersebut.
Tapi menurut Jonathan Macey, Wakil Rektor Yale Law School, skenario paling baik yang bisa terjadi adalah membaiknya ekonomi AS dalam dua tahun terakhir, seperti yang terjadi di Swedia setelah pemerintahnya menyalurkan dana jutaan dolar untuk menyelamatkan bank-bank mereka yang bermasalah. [ap/anl/www.hidayatullah.com]

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: