Memuat berita yang memihak kepada ISLAM

September 29, 2008

Kronologi Bentrok FPI-AKKBB : Banser Jakarta Tegaskan Tak Ikut Campur Perkara Ricuh FPI-AKKBB, Jadi Siapa?

Filed under: Berita Islam, Seputar pemikiran islam — Tag:, , , , — iaaj @ 2:52 am

sumber swaramuslim.com
Ketua Umum FPI Habib Rizieq menuding aktivis AKKBB Guntur Romli berada di balik penyerangan terhadap anggotanya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. FPI melaporkan penyerangan ini ke Polda Metro Jaya.

“Pada hari ini saya meminta segenap kuasa hukum melaporkan wartawan Tempo Guntur Romli ke Polda Metro Jaya telah melakukan penghinaan etnis dan mengancam melakukan pembunuhan kepada Habib Ali,” kata Rizieq di Masjid Al Hikmah PN Jakpus, Jakarta, Kamis (25/9).

Rizieq menyebutkan, berdasarkan keterangan anggotanya, Guntur Romli membawa preman-preman yang dipersenjatai sejumlah barang seperti celurit dan menyerang anggota FPI yang sedang menghadiri sidang.
Sementara Habib Ali yang menjadi korban mengungkapkan, bentrokan itu bermula saat dirinya berpapasan dengan Guntur.

“Saya dikatakan Arab oleh Guntur Romli, dibilang memperkosa TKW di sana,” tutur Ali.

“Dia bilang ke saya, gue bunuh lu,” imbuh Ali menirukan ucapan Guntur.

Guntur, lanjut Ali, mencoba memprovokasi dirinya dengan ucapan: “Ayo, lu jual gue beli,”

“Saya tidak suka provokasi, dan tidak terprovokasi. Aparat diam saja,” tegas Ali.

Akibat bentrokan itu, 3 anggota FPI menjadi korban. Korban bernama Tomi terkena sabetan besi di tangannya dan bagian belakang kupingya terkena celurit.

Sedangkan anggota FPI bernama Junaidi mengalami memar di tangan kanan akibat hantaman benda keras, dan seorang anggota FPI lainnya bernama Eko mengalami lebam di pipinya akibat pukulan besi.

“Kita ada bukti saksi dan korban. Dan tadi salah satu tas preman yang menyerang itu jatuh,” kata Rizieq.

Rizieq pun mengeluarkan isi tas berupa sebuah lembaran bertuliskan kontras, dan buku berwarna hijau berjudul ‘99 Keistimewaan Gus Dur’ berikut daftar nama 33 preman bayaran yang ikut menyerang.

“Dengan sengaja para preman diberikan sebuah baju yang masih baru bertuliskan Banser, Gus Nuril,” kata Rizieq sambil menunjukkan bahan baju warna hitam yang masih baru.

“Ini upaya adu domba, FPI dan NU bersaudara. Saya tekankan, bersaudara. Mereka preman celurit, jangan ada adu domba yang memecah persatuan dan kesatuan. Ini upaya yang radikal, penghasutan, fitnah dan upaya pembunuhan,” teriak Rizieq.

Sekitar pukul 14.00 WIB, Habib Ali dan 3 korban bentrokan didampingi beberapa kuasa hukum menuju Polda Metro Jaya untuk melaporkan kejadian ini.[L6] (Inilah.com)

Banser Jakarta Tegaskan Tak Ikut Campur Perkara Ricuh FPI-AKKBB, Jadi Siapa?
Barisan Ansor Serbaguna (Banser) DKI Jakarta menegaskan, pihaknya tak ikut campur perkara ricuh antara massa Front Pembela Islam (FPI) dengan para aktivis Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB). Waspada ada upaya adu domba antar komponen umat Islam. Siapa aktor di balik itu semua?

Kepala Satuan Koordinasi Wilayah (Satkorwil) Banser DKI Jakarta, Avianto Muhtadi, mengatakan, isu bahwa Banser terlibat dalam bentrok massa FPI dan aktivis AKKBB di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Kamis (25/9) kemarin, merupakan fitnah tak berdasar.

“Terutama terkait isu bentrok FPI-Banser, kami Satkorwil Banser DKI Jakarta menyatakan tidak pernah menginstruksikan jajarannya untuk terlibat dalam kasus tersebut,” jelas Avianto dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (26/9).

Avianto sangat menyesalkan tindakan yang dinilainya sebagai bentuk penghasutan terhadap pemakaian kaos bergambar Banser pada kejadian tersebut. Ia pun meminta kepada aparat penegak hukum agar segera bertindak tegas pada para pelakunya.
Ada Upaya Pecah Belah

Ricuh pada sidang kasus tragedi Monas 1 Juni 2008 dengan terdakwa Ketua FPI Rizieq Shihab itu, tak ada hubungannya dengan Banser. Namun, Rizieq menyebutkan bahwa anggotanya menemukan kaos bertuliskan Banser. Menurutnya, kaos yang dikenakan orang-orang itu, dia sebut ‘preman’. Padahal, katanya, Banser adalah benteng ulama, bukan preman.

Selain itu, usai kejadian tersebut, ditemukan pula sebuah tas yang di dalamnya terdapat majalah Kontras. “Anda tahu, kan, ini siapa di baliknya,” kata Rizieq dalam jumpa pers di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Gadjah Mada, kemarin.

Ada pula buku dengan sampul bergambar Gus Dur (Ketua Umum Dewan Syura DPP Partai Kebangkitan Bangsa, KH Abdurrahman Wahid). “Dan, Anda tahu lagi di dalamnya kita temukan ada 33 nama-nama ‘preman’ yang didatangkan hari ini,” tambahnya.

Rizieq meminta masyarakat memperhatikan tulisan Gus Nuril di bawah tulisan Banser. Ia mempersilakan agar khalayak mengecek apakah mereka benar-benar di bawah komando Gus Nuril (mantan Panglima Pasukan Berani Mati).

Semua bukti tersebut diperlihatkan oleh Habib Ali pada saat wawancara di tvOne, Kamis malam (25/09/08). Dalam acara tersebut dihadirkan pula Guntur Romli di studio yang berbeda. Aktivis AKKBB tersebut mengiyakan temannya menggunakan kaos Banser.

“Tetapi yang terjadi Banser diserang oleh Front Pembela Islam, dan kami mendapatkan dukungan dari Banser dan Garda Bangsa,” bela Guntur dalam sebuah wawancara di tvOne, semalam.

Sempat Diragukan

Sejak awal, Munarman meragukan kredibilitas Guntur, saat menulis bahwa Umar bin Khathab pernah melakukan anal seks [baca: Sebut Sahabat Umar ra Pelaku Anal Seks, Munarman Ragukan Kredibilitas Guntur Romli ]. Namun, Guntur berkilah bahwa Guntur tidak mengakui soal tulisannya tersebut. Ia beralasan apa yang dia tulis tidak persis seperti itu. Sementara setelah mendapatkan izin majelis hakim, Munarman menunjukkan berkas tulisan-tulisan tersebut pada Guntur, jaksa dan pengacaranya. dan berkilah

Patut diketahui, Guntur Romli merupakan aktivis JIL, sebuah lembaga yang ditengarai banyak menerima donasi dari AS. Banyak tokoh-tokoh JIL yang mendapat beasiswa studi di AS dan mereka ini menjadi “orang-orang Islam” yang sering mengeluarkan pendapat yang aneh-aneh dan kontroversial tentang Islam itu sendiri.

Bagi banyak ulama, JIL dianggap sebagai kaki tangan kepentingan Zionis di Indonesia karena juga bergabung dengan Libforall, induk organisasi mereka yang dipimpin seorang Yahudi Amerika bernama Holland M. Taylor (www.libforall.com). Holand Taylor inilah yang mendampingi Abdurrahman Wahid menerima Medali Penghargaan (medal of Valor) dari petinggi Zionis Yahudi-Amerika di AS akhir Mei lalu.

Beberapa waktu lalu, Rand Coorporations [baca: Insiden Monas dan Pecah Belah Ala RAND Corporation merekomendasikan untuk memecah belah umat Islam dengan politik belah bambu. Mendukung satu pihak dan menjatuhkan pihak lain, berikutnya membentrokkan antar kelompok tersebut. Mungkinkah bentrokan kemarin, untuk menjalankan skenario asing tersebut? [m/nu/era/tvone/syabab.com]

1 Komentar »

  1. Kalau selama ini kita selalu disuguhi dengan berita berita “tindakan anarkisme” dari Front Pembela Islam. Nggak ada salahnya kita sekarang membaca catatan kegiatan FPI selama 10 tahun umur FPI. Apa benar selama sepuluh tahun FPI hanya merusak fasilitas umum dan meresahkan warga..?

    http://cokiehti.wordpress.com/2008/07/17/catatan-kegiatan-fpi-1998-2008/

    Komentar oleh baguscokie — Oktober 8, 2008 @ 11:00 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: