Memuat berita yang memihak kepada ISLAM

Juli 16, 2008

Kriteria Teroris AS Terlalu Longgar

Filed under: Berita Islam, Seputar pemikiran islam — Tag:, , , , , , — iaaj @ 10:36 am

sumber alislamu.com
– Daftar pengawasan AS atas tuduhan teroris saat ini mencapai sejuta nama, sebagian karena kriteria teroris yang terlalu longgar dan tak jelas, kata sebuah kelompok hak asasi manusia Senin.

“Catatan baru satu juta nama milik Amerika adalah lambang sempurna mengenai apa yang keliru dengan pendekatan pemerintah ini pada keamanan,” kata Barry Steinhardt, jurubicara bagi Uni Kebebasan Sipil Amerika (ACLU), dalam satu pernyataan.

“Tidak adil, tak terkendali, penyia-nyiaan sumberdaya, memperlakukan hak asasi rakyat tak berdosa sebagai pertimbangan kedua, dan penghalang yang sangat nyata dalam kehidupan satu juta pelancong di negara ini,” katanya, seperti dilaporkan Xinhua.

Inspektur Jenderal Departemen Kehakiman tahun lalu melaporkan, Terrorist Screening Center memiliki lebih dari 700.000 nama hingga April 2007 dan daftar itu bertambah rata-rata 20.000 nama per bulan.

Daftar nama itu telah menjadi panjang dan menggembung dengan dimasukkannya beberapa orang yang bisa jadi bukan teroris, kata Steinhardt.

Mantan presiden Afrika Selatan, Nelson Mandel, berada di dalam daftar pengawasan tersebut dan baru dihapuskan belum lama ini, dan Senator Partai Demokrat Edward Kennedy juga berada di dalam daftar itu, sehingga menghadapi masalah dan penundaan saat akan terbang, katanya.

Ia meyakini namanya sama dengan nama seseorang yang dimasukkan ke dalam daftar itu pada 2005, dan secara rutin mengalami penundaan saat akan terbang, meskipun ia izin keamanan rahasia tingkat tinggi dalam pemerintah diperbarui tahun lalu.

ACLU juga menyeru pemerintah Presiden George W. Bush atau pemerintah selanjutnya untuk mengeluarkan instruksi pelaksanaan yang mengharuskan daftar pengawasan itu ditinjau kembali, dan dibatasi hanya pada orang yang dapat dibuktikan secara jelas melakukan kegiatan atau memiliki hubungan dengan teroris. (ant/fani)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: