Memuat berita yang memihak kepada ISLAM

Juni 27, 2008

Petinggi Polri Terlibat Insiden Monas

sumber republika.co.id
JAKARTA — Kuasa hukum Ketua Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab dari Tim Pembela Muslim (TPM), Mahendradatta, mengatakan, seorang petinggi Polri terlibat dalam insiden Monas. Meski begitu, dia enggan menyebut identitas dari petinggi Polri yang dimaksud.

”Dia jendral bintang dua,” kata Mahendradatta usai menjenguk kliennya di Mapolda Metro Jaya, Selasa (24/6). Keterlibatan petinggi Polri ini, lanjutnya, akan dijadikan bukti baru (novum) dalam kasus penahanan Habib Rizieq. Bukti baru itu akan diajukan ke Mahkamah Agung (MA) sebagai persyaratan untuk melakukan Peninjauan Kembali (PK). Kuasa Hukum Habib Rizieq berencana mengajukan PK pada pekan depan.

PK tersebut diajukan setelah Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan menolak permohonan gugatan praperadilan Habib Rizieq kepada Polri. PN Jakarta Selatan secara resmi mengumumkan penolakan itu kemarin (Selasa, 24/6). ”Kami kecewa terhadap penolakan praperadilan yang diajukan,” ujar Mahendradatta. Sementara, puluhan anggota FPI kembali menjenguk Habib Rizieq yang kini masih mendekam di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya. ”Habib Rizieq dalam kondisi segar,” kata anggota FPI Jakarta Utara, Bandi.

Sementara, tersangka insiden Monas, Munarman, mengadukan tindakan polisi terhadap dirinya ke Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) karena dianggap telah melanggar HAM. Pengaduan itu disampaikan melalui pengacaranya, Syamsul Bahri, kepada komisioner Komnas HAM, Saharudin Daming, kemarin.

”Tindakan polisi berlebihan itu, seperti menetapkan Munarman langsung sebagai daftar pencarian orang (DPO), melakukan pencekalan ke luar negeri serta mengefektifkan semua jajaran Polda untuk menangkap Munarman,” katanya. Selain itu, polisi juga melakukan pemeriksaan tidak serius terhadap koordinator Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB). ”Jadi tidak ada proses hukum yang seimbang.”

Menanggapi aduan itu, Komisioner Komnas HAM, Saharudin Daming, menyatakan, isi tuntutan dari Munarman itu akan dibawa ke rapat paripurna Komnas HAM. ”Nanti, kami akan membawanya dalam rapat para komisioner.” c54/ant
(

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: